Rabu, 03 September 2014

MENGEBIRI HEWAN KESAYANGAN ANDA :)

Sumber dari: http://humanesocietytampa.org/animalhealthcenter/spayneuter/

Adakah anda tahu bahwa manfaat setelah mengebiri hewan kesayangan anda?
Apakah Anda baru saja mengadopsi hewan peliharaan atau  sedang mempertimbangkan hal itu, salah satu langkah yang harus anda melakukan untuk menjaga kesehatan hewan anda adalah untuk mengebiri hewan peliharaan anda. Misalnya untuk kucing dan anjing.
Spaying? Neutering?
Definisi Spaying adalah memisahkan ovarium dan rahim hewan betina. Ini adalah prosedur untuk menjaga kesehatan seumur hidup hewan kesayangan anda dengan hanya memerlukan rawat inap minimal.
Definisi Neutering adalah mengambil testikel hewan jantan dan ini mampu meningkatkan kualitas perilaku hewan peliharaan anda dan mengurangkan peluang untuk hewan jantan berkabur keluar dari rumah anda untuk mencari pasangan diluar.
Banyak negara telah mendirikan program memandulkan / kebiri dengan biaya rendah yang membuat operasi mudah terjangkau dan dapat diakses.

Masih belum yakin? Marilah lihat informasi yang berguna dan persuasif sekarang juga. Ini merupakan 10 alasan yang persuasif supaya pemilik hewan boleh melakukan langkah rasional untuk menjaga kesehatan hewan mereka.

1.     Spaying membantu mencegah infeksi rahim dan kanker payudara, yang berakibat fatal pada sekitar 50 persen dari anjing dan 90 persen kucing yang betina.
 Spaying harus dilakukan diatas hewan peliharaan anda sebelum kedatangan berahi yang pertama supaya boleh mengelakan hewan kesayangan anda terinfeksi dari pelbagai jenis penyakit.

2.     Neutering memberikan manfaat kesehatan utama bagi hewan jantan. 
Neutering dilakukan diatas anjing atau kucing jantan anda boleh mencegah kanker testis jika dilakukan sebelum usia enam bulan. 

3.     Kucing atau anjing betina yang telah di spayed tidak akan mengalami berahi. 
Jika tidak dilakukan maka siklus berahi dapat bervariasi, kucing betina biasanya akan mengalami berahi sebanyak 4-5 hari untuk setiap 3 minggu selama musim kawin. Dalam upaya untuk mencari untuk pasangan, mereka akan meraung dan buang air kecil lebih sering sehingga disekitar seluruh rumah. 

4.     Anjing atau kucing jantan anda tidak akan ingin menjelajah jauh dari rumah. 
Hewan jantan yang belum dibiri akan melakukan apa saja untuk mencari jodoh. Ini  termasuk menggali jalan di bawah pagar supaya melarikan diri dari rumah untuk melakukan perkawinan. Dan sekali dia bebas berkeliaran, risiko untuk mencederakan diri adalah lebih tinggi karena mereka akan melewati lalu lintas dengan mengikut bau dari betina atau bergaduh dengan hewan jantan yang lain. 

5.     Hewan jantan anda dikebiri akan jauh lebih baik dari segi berperilaku. 
Kucing dikebiri dan anjing akan lebih memberi perhatian mereka pada pemilik mereka. Di samping itu, anjing dan kucing belum dikebiri akan menandai wilayah mereka dengan menyemprotkan urin di seluruh rumah anda. Masalah agresi dapat dihindari dengan sterilisasi awal. 

6.     Spaying atau neutering TIDAK akan menambahkan bobot badan pada hewan peliharaan anda.
Kurang olahraga dan overfeeding akan menyebabkan bobot badan hewan peliharaan anda meningkat dengan dratis. Hewan peliharaan anda akan tetap sehat selama anda terus mengajak jalan-jalan dan memantau asupan makanannya. 

7.     Ini membolehkan anda mengurangkan biaya di atas hewan kesayangan anda.
Biaya operasi memandulkan / kebiri hewan peliharaan anda adalah jauh lebih sedikit jika berbandingkan dengan hewan kesayangan anda yang tidak disterilisasi karena sifat agresifnya akan tetap muncul pada bila-bila saja dan akan sering mencari gaduh dengan hewan jantan yang lain.

8.     Spaying dan neutering hewan peliharaan anda adalah baik untuk masyarakat. 
Hewan liar sering menimbulkan masalah nyata disesuatu negara. Misalnya, mereka dapat memangsa satwa liar atau menyebabkan kecelakaan mobil, merusak fauna lokal dan menakut-nakuti anak-anak kecil. Spaying dan neutering harus dilakukan supaya mengurangkan jumlah hewan liar berkeliaran di kalangan masyarakat.

9.     Membiarkan hewan peliharaan menghasilkan keturunan dan anda tidak punya niat atau kemampuan untuk menjaganya adalah perkara yang sangat tidak baik dan No Animal Welfare.
Ini bukan pelajaran yang baik bagi anak-anak dan akan memberi tanggapan yang salah bahwa nyawa hewan adalah tidak bernilai. Ada banyak buku dan video yang tersedia untuk mengajar anak-anak anda tentang kelahiran dengan cara yang lebih bertanggung jawab serta terkontrol. 

10. Spaying dan neutering membantu melawan kelebihan populasi hewan peliharaan. 
Setiap tahun, jutaan kucing dan anjing sering mengalami penderitaan dan diakhiri dengan eutanasia yaitu mengakhiri nyawa seekor hewan dengan melakukan injeksi. Peningkatan kematian hewan liar dengan eutanasia adalah karena perancangan pemeliharan hewan yang tidak sistematik dari masyarakat.

Sumber dari: http://www.aspca.org/pet-care/top-10-reasons-spay-or-neuter-your-pet


1 komentar:

  1. website ini selalu mnenghangatkan saya dalam membuat artikel, terimakasih atas wawasan yang anda berikan cukup mudah di pahami. Terimakasih banyak,..

    BalasHapus